Kamis, 29 Maret 2012

Tips Memerah ASI dengan Jari

Cara memerah ASI dengan jari ini sangat sederhana dan tidak perlu biaya. Sebagai langkah awal Ibu perlu memahami bahwa payudara terdiri atas tiga komponen yang prinsipil, yaitu Alveoli, saluran, dan Aerola (daerah berwarna kehitaman). Ketiganya saling berhubungan.

Berikut adalah cara memerah ASI dengan jari
  1. Usahakan ibu bisa duduk dengan posisi yang nyaman dan santai/rileks
  2. Siapkan penampung ASI
  3. Lebih mudah menggunakan mug/gelas bertangkai pada payudara yang akan di perah, dan gunakan botol kecil yang diselipkan ke dalam BH, gunanya untuk menampung ASI saat LDR (Let Down Reflek) keluar karena bila LDR datang, ASI akan keluar menetes dari kedua payudara.
  4. Pijat dengan lembut permukaan payudara dimulai dari bagian pangkal, 2-3 kali. setelah itu keluarkan ASI sedikit saja dan dengan menggunakan ASI ini basahi permukaan payudara mulai puting sampai sekitar areola (bagian yang berwarna hitam pada payudara di dekat puting). Gunanya adalah untuk mencegah pecahnya puting susu dan sebagai anti bakteri pada daerah tersebut
  5. Mulai stimulasi Let Down Reflek (LDR) supaya ASI keluar dengan spontan. Caranya, usap-usap dengan lembut puting susu  sampai terasa “geli”. Dan teruskan saja. Tidak lama kemudian akan terasa payudara mengencang dan payudara mengeluarkan ASI secara spontan. Itulah yang dinamakan LDR. Perah dengan cepat.
  6. Cara Memerahnya, bentuk ke lima jari seperti membuat huruf C terbalik. Ibu jari diatas payudara dan keempat jari lain dibelakang/bawah payudara. Jaraknya kurang lebih 2cm dari aerola.
  7. Pencet-pencet payudara dengan lembut tapi cepat seiring irama hisapan bayi. Jangan gesek-gesekkan jari saat memencet payudara karena akan membuat payudara memar. Tapi cukup di pencet-pencet saja. ASI akan keluar dengan deras.
  8. Setelah agak berkurang aliran ASI-nya, pijat-pijat kembali payudara, perah lagi. Jika ASI sudah tidak keluar maka pindah ke payudara yang satunya.
  9. Selain posisi C terbalik, bisa menggunakan posisi huruf U. Ibu jari di sebelah kanan payudara dan keempat jari di sebela kiri payudara.
  10. Setelah ASI dari kedua payudara tidak lagi keluar, ibu masih bisa menstimulasi LDR kembali. Tetapi jika tidak, sebaiknya sudahi proses memerah ASI.

Cara memerah ASI yang Salah :
1.  Menekan puting susu (jangan memijat puting dengan 2 jari, karena dapat menyebabkan lecet)
2.  Mengurut (jika mendorong dari pangkal payudara, dapat menyebabkan kulit nyeri)
3. Menarik puting dan payudara dapat menyebabkan kerusakan jaringan


Semoga Bermanfaat,
Salam CINTA ASI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar