Kamis, 29 Maret 2012

Cara Membuat Yogurt Sendiri

Cara Membuat Yogurt Sendiri
Oleh: depezahrial

Ibuk-ibuk, daripada bolak-balik posting dan hyperlinking. Saya simpan di files ajah yaaa. Silakan disimak dan diperhatiken. Tulisan ini saya post di forum Parentsguide 26 November 2007 ada sedikit pengeditan tapi nggak pengaruh2 banget J.

Bahan:
1 liter Susu UHT Plain
25 gr Susu Skim
50 ml kultur bakteri yogurt -> Bisa didapet dari plain yogurt, tapi make sure bener2 plain tanpa campuran apapun. (kalo aku punya kultur bakteri starter yogurt di rumah, kalo pake plain yogurt perbandingannya 1 bagian susu segar : 4 bagian yogurt.. borossss…)

Cara buat:
Siapken panci stainless steel steril, pengaduk steril, dan wadah/toples kaca steril untuk penyimpanan.
Panaskan susu dengan api kueciiiilll sambil diaduk-aduk. Jangan sampai mendidih (kan udah pake susu UHT.. udah steril). Cukup sampai berasap dikit.

Hilangkan uap panasnya....

Ukur pakai termometer, suhunya harus pas 45 derajat celcius. Cara gampangnya, susunya dicelup kelingking bersih kita. Kalo anget tapi kita ga sampe ngangkat kelingking Insya Allah udah pas 45 derajat celcius. (tapi akan lebih sip kalo pake thermometer)
Kalo udah pas, trus masukkin bakteri yogurt, aduk pelan pakai pengaduk steril, pindahkan ke botol kaca/wadah kaca dan tutup. Simpan di suhu kamar selama 24 jam. Jangan digoyang, digeser, apalagi dibuka sebelum proses fermentasi selesai.

Kalo udah 20-24 jam, kita lihat.. biasanya kalo nggak gitu sukses suka ada airnya.. tapi gak masalah, saring aja pakai kain muslin/kain paris... Airnya bisa buat campuran masker lhooo!!
Kalo yang sukses, jadinya kentel, asemnya pas, dan creamy sekali..

Kalo mau nggak teralu asem, tambahkan aja susu skim jadi 50gr. Hasilnya yogurtnya lebih creamy, gak begittu asem dan kentel.
Oya, kalo mau pake bakteri yang asalnya dari plain yogurt.. bener2 dipastiin gak ada bahan campuran selain susu dan bakteri itu sendiri yah..
Nama bakterinya Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus.

selamat mencobaaa...!

Video dapat dilihat di : http://dianprima.multiply.com/video/item/15

Oya, ini nemu link soal YOGURT FOR BABIES. Silakan diliat-liat....

http://wholesomebabyfood.com/tipYogurt.htm


NB: Sekarang saya juga menyediakan starter yogurt dan yogurt homemade, by order aja, nggak masif sih.. hehehe… Sementara belom bisa delivery. Jadi sistemnya ngambil di rumah saya atau di kantor saya. Yang berminat, silakan email japri ke saya aja.
Oleh: depezahrial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar