Kamis, 29 Maret 2012

ASI is NORM

Bunda....
Kenapa kalau kita melihat hewan mamalia langsung menyusu ke ibunya ketika lahir tidak aneh, tapi kalau terjadi pada manusia merasa aneh?
Karena ketidaktahuan kita tentang ASI, itu mengganggu proses kehidupan. Sebab, begitu lahir, langsung dipisahkan dengan ibunya. Selama ini kita kan sudah menzalimi bayi. Kalau seekor anak macan, ketika lahir tidak mendapatkan sumber kehidupannya, dia akan mati terlebih lagi seorang bayi manusia walawpun bayi manusia memiliki pilihan lain untuk menyusi yaitu dengan pemberian susu formula.

tapi ASI tetap menjadi pilihan terbaik untuk bayi anda, dan sebaiknya diberikan secara ASI eksklusif selama enam bulan pertama, dan setelah itu dengan MPASI hingga dua tahun atau lebih. Selain itu, tidak ada satupun merk susu formula yang lebih baik, atau meniru ASI, atau mirip dengan ASI, atau bahkan mendekati ASI, dan oleh karena itu ASI tetap yang terbaik. Meskipun beberapa komponen kimia ASI yang dimasukkan ke dalam susu formula (seperti AA, DHA, prebiotics), masih banyak sifat dan komponen ASI yang belum bisa ditiru oleh susu formula, baik laktosa maupun DHA/AA hanya hadir lengkap dengan enzim-enzimnya dalam ASI. "Susu formula jenis apa pun, semahal apa pun, meski dibuat semirip mungkin dengan ASI, tetap saja tak ada enzimnya.

Jadi, satu-satunya nutrisi terbaik untuk bayi memang hanya ASI,"  karena ASI mengandung sel-sel antibodi hidup yang tidak bisa diproduksi secara sintetis. dan adanya mitos bahwa bayi sehat adalah bayi yang gemuk. Sementara bayi yang diberi ASI eksklusif memang cenderung tidak menjadi gemuk. Mereka kemudian menambahkan susu formula agar bayinya gemuk. Padahal, bayi sehat tidak harus gemuk. Itu cuma mitos. kondisi bayi baru lahir masih sangat rentan sehingga harus ekstra hati-hati saat memberi zat makanan dari luar.

Klaim-klaim dari produsen bahwa susu formulanya dapat memberi berbagai dampak positif bagi bayi perlu dipertanyakan lebih lanjut. Misalnya, informasi dosis atau jumlah yang tepat supaya dampak tersebut akan terjadi. Selama ini banyak orang merasa aman apabila sudah mengonsumsi susu tersebut karena termakan promosi,Di atas semuanya, disarankan agar masyarakat waspada terhadap penawaran-penawaran susu formula di tempat-tempat pelayanan kesehatan. Sekarang ini banyak rumah bersalin yang menawarkan susu formula kepada orangtua bayi yang baru lahir. Itu sebenarnya melanggar kode etik.

Bunda kalau anak cucu kita tidak dilengkapi ASI, mau jadi apa?  anak-anak yg memperoleh ASI itu akan memiliki EQ yang lebih besar Spiritualitas yang lebi tinggi.  bahkan diluar sana seorang suami diberikan kewajiban untuk mendukung para istri agar dapat  menyusui karena selain itu dukungan ayah itu jg  begitu penting, meski hal itu baru mereka sadari November 2003, dengan mendirikan Global Initiative Father Support : satu kelompok para ayah. Padahal di kita (umat Islam) ada Al-Qur'an yang sudah meyatakan pentingnya hal itu ( Al-Baqarah ayat 233). Ketika anak dilahirkan, harus ada musyawarah. Dengan demikian, kegagalan menyusui aalah kegagalan ayahnya dan bunda. Begitu pula dengan kebrhasilannya. anak-anak yang menyusu kepada ibu itu tidak hanya lebih sehat, lebih pandai, tapi lebih saleh dan salehah. Karena adanya RNA dan DNA (pembawa sifat) yang diberikan ibu. Maka sekarang ini, karena tahu urgensinya, orang yang mengadopsi anak mengejar supaya bisa menyusui juga.

Manusia juga mempunyai taraf umur tertentu untuk mendapatkan susu. Masalahnya, kita terprogram dengan empat sehat lima sempurna. Susu sumber protein.Padahal, anak di atas 3 tahun tidak perlu minum susu. Bukan tidak boleh. Karena bisa dari tahu, tempe, ikan, telur, dan keju. Mendingan dikasih tahu, juga lebih murah. Nggak ada pengaruhnya sama sekali. Bahkan pada mamalia di atas 3 tahun, enzim untuk menyerap protein dari susu sedikit. Kita telah di brain-minded oleh pabrik susu, entah sejak kapan?

Selama ini sukarnya pemberian ASI kan karena alasan  ibu harus kembali bekerja?
sebenarnya itubukan masalah besar juga. Di Cina, seorang ibu insinyur begitu aktif sehingga harus sering ke luar kota. Tapi dia menyimpan di lemari es ASI perasannya. Sebab, ASI itu memenuhi keseimbangan supply and demmand. Dikeluarkan 1.000 mililiter, ya, berproduksi lagi 1.000 ml. Lalu timbul lagi pertanyaan kalau ASI berhenti sama sekali bagaiman ?
ASI sangat berpengaruh pada pikiran. Ketika si Ibu merasa ASI-nya sedikit, yang keluar sedikit. Ataupun pada saat berhenti. Disitu peran ayah. Di saat pikiran ibu terganggu, ayah berperan untuk memberi motifasi kepada ibu dan terus memberikan muatan yg positif mengenai ASI,karena ini juga merupakan salah satu peran suami yg sangat penting sebagi patner istri dalam rumah tangga demi masa depan putra - putri kita.

Mari tetap jadikan ASI sebagai prioritas utama, karena  ASI adalah kebutuhan paling dasar dari seorag anak dan itu adalah hak  setiap anak yg wajib dibrikan oleh orang tua. Bunda tak ada kerugian yg kita dapati bila kita mberika ASI kepada putra - putri kita, putra - putri bunda adalah masa depan bangsa ini dan masa depan putra - putri bunda ada di tangan bunda maka dengan pemberian ASI yg maximal dapat mewujudkan generasi yg lebih baik untuk masa depan bangsa ini.
semoga catatan ini dapat membangun  semangat para bunda untuk dapat turus menyusui.


Info diambil dari berbagi sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar