Kamis, 29 Maret 2012

Baby Growth Spurts

Oleh Kelly Bonyata, BS, IBCLC
(sudah terjemahan bebas dalam bahasa Indonesia, untuk bahasa asli bisa dilihat di copy link di atas)
 
Kebanyakan bayi melalui beberapa ledakan pertumbuhan (disebut juga frequency days) selama 12 bulan pertama.

Apakah lonjakan pertumbuhan?

Selama lonjakan pertumbuhan, bayi menyusu lebih sering dari biasanya (kadang-kadang setiap jam) dan sering bertingkah laku lebih rewel dari biasanya.
Peningkatan asupan susu bayi selama ledakan pertumbuhan bersifat sementara. Pada bayi ASI eksklusif, asupan susu meningkat dengan cepat selama beberapa minggu pertama kehidupan, dan pieningkatan tetap stabil antara satu sampai enam bulan. Setelah MPASI secara bertahap diperkenalkan setelah enam bulan, asupan susu bayi secara bertahap akan berkurang.

Pertumbuhan fisik bukan satu-satunya alasan bahwa bayi mungkin memiliki kebutuhan sementara untuk dirawat lebih sering. Bayi sering menunjukkan beberapa jenis perilaku yang sama (meningkatnya kebutuhan untuk dirawat, dengan atau tanpa meningkatnya kerewelan) ketika bayi sedang berada dalam tahap kemajuan perkembangan seperti berguling, merangkak, berjalan atau berbicara. ASi adalah untuk pertumbuhan otak serta tubuh!

  Growth spurts don't stop after the first year - most moms notice growth spurts every few months during the toddler years and periodically thereafter on through the teenage years.

How long do growth spurts last?
Growth spurts usually last 2-3 days, but sometimes last a week or so.
Kapan bayi memiliki ledakan pertumbuhan?

Waktu yang umum untuk ledakan pertumbuhan adalah selama beberapa hari pertama di rumah dan sekitar 7-10 hari, 2-3 minggu, 4-6 minggu, 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan 9 bulan (lebih kurang lebih). Bayi tidak membaca kalender, bagaimanapun, jadi bagaimanapun, bayi Anda mungkin melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda.

Ledakan pertumbuhan tidak berhenti setelah tahun pertama - sebagian besar Bunda mengetahui ledakan pertumbuhan setiap beberapa bulan selama tahun-tahun balita dan secara berkala sesudahnya selama tahun-tahun remaja.

Berapa lama ledakan pertumbuhan ?

Lonjakan ertumbuhan biasanya berlangsung 2-3 hari, tapi kadang-kadang bertahan seminggu atau lebih.

Apa cara terbaik untuk menangani lonjakan pertumbuhan?
  Ikuti arahan anak Anda. Bayi secara otomatis akan mendapatkan lebih banyak susu dengan menyusui lebih sering, dan pasokan ASI Anda pun akan meningkat. Hal ini tidak perlu (atau tidak dianjurkan) untuk melengkapi bayi Anda dengan susu formula atau susu instant selama lonjakan pertumbuhan. Melengkapi (dan / atau penjadwalan menyusui) mengganggu pasokan alam dan permintaan produksi susu serta akan mencegah tubuh Anda dari mendapatkan pesan untuk membuat lebih banyak susu selama percepatan pertumbuhan.
  Beberapa ibu menyusui merasa lebih lapar atau haus saat bayi sedang mengalami percepatan pertumbuhan. Dengarkan tubuh Anda - Anda mungkin perlu makan atau minum lebih banyak selama waktu-waktu dimana bayi menyusui lebih sering.

Page last modified: 05/19/2006
Written: 06/23/2004

tambahan limk ; http://breastfeeding.about.com/od/breastfeedingbystage/a/growthspurts.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar