Kamis, 29 Maret 2012

Tentang Kencing Bayi yang Pernah Ditahnik Dengan Kurma atau Diobati dengan Madu

Tentang Kencing Bayi yang Pernah Ditahnik Dengan Kurma atau Diobati dengan Madu

Posted on 2 April 2010 by Ummu Shofiyyah al-Balitariyyah

Sudah maklum bahwa kencing bayi laki-laki yang belum makan makanan atau masih ASI ekslusif adalah najis ringan yang jika terkena pada pakaian cukup dibasahi dengan air, tanpa perlu mencucinya.
Lalu, bagaimana dengan kurma yang biasa ditahnikkan pada bayi yang baru lahir? Atau madu yang diberikan untuk mengobatinya jika sakit?



Berikut ini fatwa Syaikh Muhammad Ali Farkus hafidzohulloh, seorang ulama sunnah dari al-Jaza’ir.
***

Oleh : Syaikh Abu Abdil Mu’iz Muhammad Ali Farkus -hafidzohulloh-


Pertanyaan :
Dalam hadits Ummu Qois bintu Mihshonrodhiyallohu anha:
أَنها أَتتْ بِابْنٍ لها صغيرٍ، لمْ يأْكلِ الطّعامَ إِلى رَسولِ اللّهِ -صلى الله عليه وسلم- ، فأَجلسهُ رَسولُ اللّهِ -صلى الله عليه وآله وسلم- فى حجرِهِ ، فَبالَ على ثَوْبهِ ، فدعا بماءٍ فنضحهُ وَلمْ يغسله

Bahwa ia datang dengan anak laki-lakinya yang masih kecil yang belum makan makanan kepada Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam. Lalu Rosululloh shollallohu alaihi wa aalihi wa sallammendudukkan anak itu di pangkuannya, kemudian anak itu ngompol di baju beliau. Beliau pun meminta air lalu memercikinya dan tidak mencucinya [1].

Apa makna “لم يأكل الطعام” (belum makan makanan)? Dan apakah kurma yang digunakan untuk mentahniknya termasuk “makanan” tersebut? Dan juga madu yang digunakan untuk pengobatan?

Jawaban:
الحمد لله ربِّ العالمين، والصلاة والسلام على من أرسله الله رحمة للعالمين، وعلى آله وصحبه وإخوانه إلى يوم الدين وسلم تسليما، أمّا بعد:

Yang dimaksud dengan “makanan” di sini adalah yang selain ASI yang engkau susui, kurma yang engkau tahnik kepadanya, dan madu yang ia disuapi untuk pengobatan dan yang selainnya, karena kurma dan madu tidak untuk mengenyangkan, sebab ‘illah(alasan) dalam tahnik adalah tabarruk dengan air liur Nabi shollallohu ‘alaihi wa aalihi wa sallam dari satu sisi dan ‘illah pengobatan dengan madu dari sisi yang lain, sehingga tidak ada kekeyangan bagi bayi tersebut selain ASI. Dan sebagian ahlul ilmi berpendapat bahwa yang dimaksud dengan “لم يأكل الطعام” (belum makan makanan) adalah belum bisa memasukkan makanan ke mulutnya sendiri, dan ada pendapat yang lainnya. Dan yang benar adalah pendapat yang pertama.

والعلم عند الله تعالى، وآخر دعوانا أن الحمد لله ربِّ العالمين، وصلى الله على محمد وعلى آله وصحبه وإخوانه إلى يوم الدين وسلم تسليما كثيرا.

Al-Jaza’ir 23 Shofar 1427 H // 23 Maret 2006 M
________________
Catatan kaki:
[1] HR. al-Bukhori dalam al-Wudhu’ (223), Muslim dalam ath-Thoharoh (691), Abu Dawud dalam ath-Thoharoh (374), at-Tirmidzi dalam ath-Thoharoh (71), an-Nasa’i dalam ath-Thoharoh (304), Ibnu Majah dalam ath-Thoharoh dan Sunannya (566), Malik dalam al-Muwaththo’ (141), Ahmad (27756), al-Humaidi dalam musnadnya (365), al-Baihaqi (4319), dari hadits Ummu Qois bintu Mihshon rodhiyallohu anha.
***
Diposting ulang dari tholib.wordpress.com dengan sedikit revisi, diterjemahkan dari : ferkous.com.
***
في المراد بالطعام في حديث أم قيس رضي الله عنها
السؤال: جاء في حديث أُمِّ قَيْسٍ بِنْتِ مِحْصَنٍ رضي الله عنها أَنَّهَا أَتَتْ بِابْنٍ لَهَا صَغِيرٍ، لَمْ يَأْكُلِ الطَّعَامَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- ، فَأَجْلَسَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وآله وسلم- فِى حِجْرِهِ ، فَبَالَ عَلَى ثَوْبِهِ ، فَدَعَا بِمَاءٍ فَنَضَحَهُ وَلَمْ يَغْسِلْه(١). ما معنى قولها: “لم يأكل الطعام”؟ وهل يدخل في الطعام التمر الذي يحنك به؟ والعسل الذي يداوى به؟
الجواب: الحمد لله ربِّ العالمين، والصلاة والسلام على من أرسله الله رحمة للعالمين، وعلى آله وصحبه وإخوانه إلى يوم الدين وسلم تسليما، أمّا بعد:
فالمراد بالطعام ما عدا اللبن الذي ترضعه، والتمر الذي تحنكه، والعسل الذي يلعقه للمداواة وغيرها، وإن كان التمر والعسل ليسا من باب الاغتذاء لعلة التبرك بريق النبي صلى الله عليه وآله وسلم في التحنيك من جهة وعلة المداواة بالعسل من جهة أخرى، لذلك لم يحصل له اغتذاء بغير اللبن، وذهب بعض أهل العلم أنَّ المراد بأنَّه: “لم يأكل الطعام” أي لم يستقل بنفسه بأن يجعل الطعام في فيه، وقيل غير ذلك، والصواب ما تقرر أوَّلاً.
والعلم عند الله تعالى، وآخر دعوانا أن الحمد لله ربِّ العالمين، وصلى الله على محمد وعلى آله وصحبه وإخوانه إلى يوم الدين وسلم تسليما كثيرا.
الجزائر في: 23 صفر 1427ﻫ
الموافق لـ: 23 مارس 2006م
________________________________________
١- أخرجه البخاري في الوضوء (223)، ومسلم في الطهارة (691)، وأبو داود في الطهارة (374)، والترمذي في الطهارة (71)، والنسا%D


http://ummushofi.wordpress.com/2010/04/02/tentang-kencing-bayi-yang-pernah-ditahnik-dengan-kurma-atau-diobati-dengan-madu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar