Minggu, 11 November 2012

Bumbu-Bumbu Tradisional untuk Obat Balita

Sebagai orang tua, pastilah kita akan merasa cemas jika anak kita sakit atau jatuh saat bermain ataupun beraktivitas lainnya. Atau anak kita yang kurang nafsu makan, pastilah orang tua akan mencari solusi untuk meningkatkan selera makannya.
Berikut ini adalah berbagai macam bumbu-bumbu tradisional yang dapat digunakan sebagai pengganti obat-obatan bagi balita kita. Yuk, kita mengenal satu per satu

Kentang
Sebagai obat bisul. Cara: parut kentang dan peras. Oleskan sari air parutan kentang tersebut pada bisul 3-4 kali per hari. Bisa juga untuk ruam kulit yang disebabkan oleh biang keringat.

 Minyak Zaitun
Untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi. Oleskan pada kulit kepala 1-2 kali sehari.

Daun Pepaya
Berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria, panas, beri-beri dan kejang perut. Cara: daun pepaya muda ditumbuk, diperas dan disaring lalu minum airnya.

Lidah Buaya
Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak. Cara: oleskan daging daun lidah buaya pada seluruh permukaan kulit yang menderita luka bakar.

Banglai (bangle, panglai, pandhiyang, manglai)
Untuk menenangkan bayi dan anak yang sering rewel pada malam hari. Cara: balurkan parutan banglai segar pada kening dan badan anak.

Brotowali
Untuk menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal akibat kudis. Cara: 2-3 jari batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air hingga mendidih, matikan. Diamkan selama 1/2 jam. Lalu saring dan gunakan untuk mengobati luka serta gatal-gatal tersebut. (Untuk pemakaian luar).

Air kelapa muda dan kopi
Untuk obat muntaber. Dosisnya tidak ada takaran, sekehendak anak saja. Dapat dicampur dengan seujung sendok kopi.

Temulawak
Untuk menambah nafsu makan. Cara: kupas dan iris tipis 150 gr temulawak dan 50 gr kunyit. Rendam dlm 500 cc madu dan taruh dalam toples tertutup selama 2 minggu. Setelah 2 minggu, ramuan siap digunakan. Aturan minum: 1 sdm madu temulawak dilarutkan dalam 1/2 cangkir air hangat, minum pagi dan sore hari.

Jeruk nipis
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk pada anak. Cara: campur 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 3 sdm madu murni, 5 sdm air matang, lalu ditim selama 30 menit. Aturan minum untuk bayi 6bln-1th: 2x 1/2 sdt; anak 1-3th: 2x 1sdt; anak 4-5th: 2x 1 1/2 sdt

Kencur
Untuk meringankan batuk pada anak. Cara: parut 5 gr kencur, tambahkan 2 sdm air putih dan diaduk. Kemudian disaring, lalu tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan 2-3 kali sehari.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !!

Sumber : http://www.makananbayi.org/makanan-bayi-bumbu-bumbu-tradisional-untuk-obat-balita.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar